• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (551) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Meski Akses Terputus, ACT Respon Cepat Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru Lumajang

    Sabtu, 04 Desember 2021, Desember 04, 2021 WIB Last Updated 2021-12-05T00:44:14Z
    BANDA ACEH - Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur kembali mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) pukul 15.00 WIB, erupsi ini mengeluarkan lahar dingin dan menyebabkan hujan hingga membuat warga dikecamatan  Pronojiwo terdampak.

    Kondisi tersebut mendapat respon cepat Armada kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menuju lokasi bencana sebagai upaya emergency response, dalam hal ini sebanyak dua Water Truck, satu Food Truck, dan satu Food Bus dikerahkan ke lokasi. 

    Tim ACT dan relawan MRI sedang berusaha mengakses area terdampak erupsi yang terisolir karena terputusnya akses menuju Kecamatan Pronojiwo.

    “Pak kami butuh bantuan, Pak. Kami terjebak lahar di Dusun Curah Kobokan, saat ini mengungsi di masjid. Kami sangat membutuhkan air bersih, masker, dan juga fasilitas pendukung oksigen disini,” tutur salah satu warga yang terekam suaranya dalam sebuah video amatir. 

    Armada Water truk dikerahkan untuk mendukung kebutuhan air bersih dilokasi sedangkan armada Food Truck dan Food Bus ke area terdampak karena kondisi wilayah yang tertutup polusi abu vulkanik masih kurang kondusif untuk membuka dapur umum.  

    “Tim ACT Jawa Timur dan MRI sedang dalam perjalanan menuju lokasi bencana untuk membantu evakuasi warga disana dan membawa logistik serta keperluan medis. Mohon doanya, ” tutur Firda mewakili tim yang akan menuju ke titik bencana di Lumajang. 

    Akses menuju area Curah Kobokan dan Sumpit Urang yang termasuk dalam Kecamatan Pronojiwo juga terisolir akibat putusnya jembatan Geladak Perak yang menghubungkan Lumajang dengan Kecamatan Pronojiwo, untuk mengakses area Pronojiwo yang sedang terisolir ini, hanya dapat diakses melalui Malang Selatan namun medannya cukup sulit.

    Guyuran abu vulkanik disertai hujan intensitas ringan, membuat pemukiman, kendaraan dan fasilitas umum di Dusun Curah Kobokan, tertutup abu. Warga telah mengungsi di balai desa dan fasilitas umum yang kebanyakan adalah lansia dan anak-anak. Warga Curah Kobokan saat ini terjebak tak berdaya dan hanya bernaung dalam satu-satunya masjid terdekat yang bisa menampung pengungsi berkapasitas banyak. Berdasarkan informasi dari komunitas Gimbal Alas Malang, sementara dari korban yang dievakuasi mengalami sesak dan luka bakar. Beberapa korban terjebak dan butuh evakuasi di daerah Curah kobokan dengan kondisi lemas karena sesak.

    “Berdasarkan kabar dari tim ACT dan relawan MRI yang ada di Jawa Timur, warga di lokasi masih sangat membutuhkan bantuan kita. Sahabat Dermawan yang di Aceh ayo kita tunjukkan kepedulian kita untuk saudara di Lumajang yang sedang memerlukan bantuan segera,” tutur Zulfurqan selaku Kepala Cabang ACT Aceh. 

    Bagi Sahabat Dermawan yang ingin menyalurkan kepeduliannya, dapat dikirimkan melalui rekening BSI 7089786023 dan Bank Aceh Syariah 01001930009205 atas nama Aksi Cepat Tanggap. Donasi yang telah disalurkan dapat dikonfirmasi melalui DM Instagram @act_aceh atau melalui whatsapp 082283269008. (ril/ipul)
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini