• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (551) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Usai Kunjungi Kebakaran di Abdya, Haji Uma Kembali Kunjungi Pesantren Yang Terbakar di Meulaboh

    Rabu, 26 Juli 2023, Juli 26, 2023 WIB Last Updated 2023-07-26T08:08:32Z

     


    Elitnesia.id|Meulaboh - Anggota DPD RI asal Aceh H Sudirman yang akrap disapa Haji Uma kunjungi lokasi kebakaran yang menimpa Dayah Darul Hikmah di Desa Peunaga Rayeuk, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat. Selasa (25/7/2023).


    Api yang yang diduga berasal dari korsleting listrik menghanguskan semua bilik santri Dayah tersebut pada Senin 24 Juli 2023 lalu.


    Haji Uma menerangkan informasi kebakaran Dayah Darul Hikmah didengar setelah dirinya menginjakan kaki di Meulaboh. Dalam reses yang dilakukannya ke Meulaboh, Haji Uma turun langsung untuk melihat kondisi dayah Darul Hikmah.


    “Saya sedang reses mulai dari Subulussalam, Singkil, Aceh Selatan, Nagan Raya sampai ke Meulaboh. Pada saat sampai di Meulaboh saya mendengar ada kebakaran salah satu dayah di Kecamatan Meureubo yaitu Darul Hikmah dan saya kemari untuk melihat bagaimana kondisi dayah serta para santri dan pimpinannya. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa namun sangat memprihatinkan seluruh bagunan hangus oleh api,” ujarnya.


    Menurut Senator dari Aceh itu dayah Darul Hikmah harusnya memiliki bangunan yang permanen, bangunan ini dibangun pada tahun 1982 dan saat ini berumur 41 tahun. dengan rentang waktu yang sudah begitu lama dan banyaknya santri yang menuntut ilmu disini pemerintah daerah harus memberi perhatian khusus.


    Haji Uma juga menuturkan perlu perhatian semua pihak, dari Pemda, Badan Dayah, dan Baitu Mal, jadi tiga leading sektor ini harus memperhatikan pembangunan dayah ini. Dari bangunan ini sudah sangat lama, bangunannya banyak yang masi dari dari konstruksi kayu, dan ada yang sudah lapuk ini sangat rentan. 


    “Saya harap ini ada perhatian khusus dari pemerintah terkait pembangunan pesantren Darul hikmah ini, dan saya juga menghimbau terkait intalasi arus ini haru ada lisensi, bila perlu PLN juga harus turun memodifikasi semu arus PLN itu tepat guna dan aman itu ada aturannya,” harapnya.



    Sementara itu pimpinan dayah Darul Hikmah Abi Fauzan menerangkan kejadian kebakaran terjadi sekitar pukul 9:00 WIB pagi, pada saat itu semua santri sedang dalam perkuliahan, dan hanya ada dua orang santri dikamar bilik.


    “Ada enam bilik yang terbakar, empatnya itu habis semua, karena konstruksi kayu, dua lagi atapnya habis bangunannya masi ada karena permanen, seluruh barang yang dimiliki santri juga semua habis terbakar, Jelasnya.


    Fauzan menyebutkan Dayah Darul Hikmah dibangun pada tahun 1982, dan saat ini berusia 41 tahun, dayah Darul Hikmah memiliki pendidikan formal dan pendidikan salafi, saat ini ada 500 santri yang menuntut ilmu di dayah tersebut. Dayah tersebut termasuk dayah tipe B saat ini di Aceh.


    Dalam kunjungan tersebut Haji Uma menyerahkan sedikit berupa uang tunai kepada pimpinan pesantren Darul Hikmah. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini