• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (551) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Feature : Menghidupkan Kisah Human Interest

    Sabtu, 30 September 2023, September 30, 2023 WIB Last Updated 2023-09-30T16:08:33Z

     


    Elitnesi.id|Padangpanjang,- Sabtu (30/9) di Sekretariat Komunitas Seni Kuflet melaksanakan diskusi dengan tajuk "Teknik Menulis Feauture" dengan narasumber Dr. Sulaiman Juned, M.Sn yang dimoderatori Siti Nuratikah Tutur Akbar Ketua Umum Komunitas Seni Kuflet.


    Sulaiman juned, mengatakan "Struktur tulisan feature terdiri dari judul, lead, pembuka tulisan, pemaparan, penilaian/apresiasi kritis, penutup.  Judul mewakili isi tulisan, singkat dan padat, kata - katanya kuat serta membuat penasaran orang yang membaca. selanjutnya lteras berita lead yang kuat dan menarik. Lead yang lemah dan hambar akan membuat pembaca langsung berpaling ke tulisan lain. Setelah itu isi tulisan penulis harus menggambarkan pokok persoalan yang harus di bahas. Kemudian kesimpulan sebuah tulisan yakni menyimpulkan inti dari yang dipaparkan sehingga pembaca membayangkan seperti hadir dalam peristiwa itu" Papar pendiri komunitas seni kuflet yang penyair itu.


    Solehah Hasanah peserta diskusi mengatakan "Jadi, feature sebagai tukisan soft news harus mengolah emosi  melalui bahasa sastrawi sehingga pembaca merasa tersentuh" Ujarnya salah seorang sutradara muda di Kuflet.


    Rezi juga bertanya "Seberapa penting pengambilan foto atau gambar dalam pembuatan featute" ujarnya.



    Maharani Saputri peserta diskusi mengungkapkan "Materi tentang teknik menulis ini sangat bagus diterapkan dan peserta jadi lebih tahu tentang bagaimana cara menulis yang baik dan benar" Paparnya


    Sulaiman Juned menambahkan "Feature tetap bersandar pada akurasi jurnalistik. Tiap kata dan kalimat mestilah memikat dan enak dibaca. Gaya penulisan yang khas dari feature meletakkan emosional tertentu agar paparannya dapat menyentuh. Kisah human interest menjadi hidup, berwarna agar pembaca terbawa untuk membayangkan detail-detail latar kejadian yang dirasakan penulis" Tutur dosen Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang  (*/Pajar)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Daerah

    +