• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (550) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (270) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Mulkil Akhyar, Hafizh 30 Juz Asal Bireuen Lulus Tanpa Tes di FK Kedokteran Unimal

    Selasa, 28 Mei 2024, Mei 28, 2024 WIB Last Updated 2024-05-28T07:27:12Z

     

    Mulkil Akhyar bersama ibunya.(ist)

    Elitnesia.id|Bireuen - Menjadi dokter adalah cita-cita banyak orang. Apalagi menjadi harapan dan kebanggaan orang tua, dan juga karena persaingan yang ketat dan standar yang tinggi menjadi jurusan favorit di Indonesia.


    Dari dulu hingga sekarang, para pelajar lulusan sekolah menengah jurusan IPA banyak yang berusaha untuk bisa masuk ke jurusan kedokteran.


    Demikian juga dengan Mulkil yang akhirnya bisa lulus tanpa tes di Fakultas Kedokteran UNIMAL  melalui jalur SNPB. Dia adalah santri aktif di Dayah Insan Qur'ani yang telah mengkhatamkan hafalan Al-Qur'an 30 Juz, merupakan anak yang mandiri dari keluarga sehingga dia rela meninggalkan kediaman orang tuanya di Desa Blang Panjoe, Kutablang, Bireuen untuk menjadi hafizh di Insan Qur'ani Aceh Besar.


    Tidaklah mudah untuk memulai hafalan dari pertama apabila dilihat dari latar belakang sekolah dasarnya. Tapi dengan penuh keyakinan  dan konsisten dia berhasil mengkhatamkan 30 juz setelah menempuh 5 tahun.


    Anak ke-5 dari 7 bersaudara keluarga ini sudah memberi signal kepada Mulkil untuk melanjutkan studinya ke kedokteran dengan cara memotivasinya. Karena masih remaja kemungkinan pikiran dan pilihannya masih bimbang untuk memutuskan sesuatu, akhirnya dengan keputusan antara dirinya dan keluarga terutama ibunya dia memilih masuk ke jurusan Kedokteran melalui jalur SNPB dan dinyatakan lulus. 


    Dari sekolah dan di dayah dia merupakan salah satu lulusan terbaik di wisuda kelas akhir angkatan VIII tahun 2024. Seakan tidak percaya kalau yang dipanggil oleh MC adalah nama Mulkil Achyar saat prosesi acara dengan predikat mumtaz (sempurna) sehingga ibunya Hj. Fathiah tidak bangun dari tempat duduk nya, sampai Mulkil sendiri yang menjemput ibunya naik ke pentas untuk menerima Piagam penghargaan yang ditemani oleh orang tuanya. Mulkil dan puluhan hafizh dan hafizhah lainnya juga diberi kesempatan menyematkan mahkota kepada Ibundanya masing-masing karena telah menyelesaikan hafalan 30 Juz.


    Mulkil juga santri aktif di Grup Nasyid IQ serta merupakan Wakil Ketua Organisasi Santri Dayah Insan Qur’ani (OSDIQ), periode 2023/2024 di Dayah Insan eQur’ani. 


    Selamat kepada Mulkil Achyar semoga istiqamah dengan hafalannya dan tercapai Cita-cita menjadi seorang dokter.(Syeh)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini