• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (551) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Gampong Meunasah Alue Lakukan Vaksinasi PMK

    Minggu, 24 Juli 2022, Juli 24, 2022 WIB Last Updated 2022-07-25T06:59:44Z


    elitnesia.com| Bireuen, – Pemerintahan Gampong Meunasah Alue Kecamatan Peudada kabupaten Bireuen Melakukan Program vaksinasi penyakit kulit mulut dan kuku (PMK) pada hewan ternak di Gampong  Meunasah Alue kecamatan Peudada, Selasa (25/7/2022).


    Vaksin pertama disuntikkan pada sapi jenis simental sapi Aceh  milik warga setempat, di pinggir persawahan desa setempat. Setelah divaksin, sapi diberi neck tag, pertanda sudah mendapat masuntikan vaksin.


    Kepala Dinas Pertenakan dan kesehatan hewan melalui Puskeswan kecamatan Peudada Syarwan S.Pt menyampaikan Tujuan Vaksinasi ini dilakukan agar mencegah terjadinya Penyebaran Penyakit Mulut dan kuku ( PMK ) maka harus dilakukan vaksinasi...


    Disampaikannya, sapi yang menjadi sasaran vaksinasi, di antaranya sapi yang sehat tidak dalam kondisi sakit atau yang sudah sembuh dari PMK, kemudian sapi yang masa hidupnya masih panjang, bukan sapi yang akan dipotong. Dan usia sapi yang sudah bisa divaksin, yaitu minimal umur dua minggu.


    “Kami sudah melakukan zonasi. Di mana, sasaran vaksinasi adalah daerah yang masih hijau atau nol kasus PMK, salah satunya Pangkalan ini. Terhadap desa yang merah, maka diturunkan pada satuan farm, atau kandang komunal atau kelompok yang masih bersih dari PMK, baru bisa kita lakukan vaksinasi,” jelasnya.


    Ditambahkan, pihaknya ditarget untuk melakukan vaksinasi tahap pertama harus selesai. Satu botol vaksin berisi 200 cc untuk diaplikasikan 100 ekor sapi.


    “Sehingga targetnya satu hari menvaksin 100 ekor sapi. Karena botol vaksin yang sudah dibuka harus habis hari itu juga,” ungkapnya


    Syarwan S.Pt menuturkan, kedatangan vaksin PMK memberikan harapan untuk dapat menekan penyebaran penyakit tersebut. Penularan PMK sangat masif, sehingga dengan penyuntikan vaksin di desa yang masih nol kasus, diharapkan dapat memotong penyebarannya.


    “Kita akan menyelesaikan vaksinasi ini secepat mungkin. Kondisi tiap desa berbeda, yang hijau kita prioritaskan dulu,” ujarnya.


    Pada kesempatan itu, Syarwan S.Pt meminta kepada Keuchik Gampong untuk hadir langsung ke lapangan, untuk memetakan kondisi sapi-sapi yang ada di masyarakat, agar masyarakat mendapatkan informasi yang jelas dan sebanyak-banyaknya terkait PMK, serta vaksinasinya.


    Ataillah, Keuchik Gampong Meunasah Alue kecamatan Peudada kabupaten Bireuen mengucapkan terima kasih kepada Dinas Pertenakan dan kesehatan hewan melalui Puskeswan kecamatan Peudada yang telah turun langsung ke lapangan untuk melakukan vaksinasi PMK tersebut. ditambahkannya lagi kepada masyarakat yang memiliki ternak sapi apabila ada tanda-tanda dan gelaja PMK pada sapi untuk segera melapor kepada Puskeswan kecamatan Peudada untuk ditindaklanjuti.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini