• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (551) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Gampong Meunasah Alue Bagi Benih Padi Kepada Petani

    Sabtu, 10 Desember 2022, Desember 10, 2022 WIB Last Updated 2022-12-10T17:57:15Z
    Keuchik Ataillah menyerahan benih padi kepada petani Gampong Meunasah Alue. Jum'at (9/12).

    elitnesia.id| Bireuen – Dalam rangka pelaksanaan kegiatan ketahanan pangan Dana Desa Gampong Meunasah Alue Kecamatan Peudada sebesar 20%, Pemerintah Gampong Meunasah Alue mengadakan Kegiatan penyerahan Benih Padi Kepada Para Petani Gampong Meunasah Alue.


    Bantuan diserahkan secara langsung oleh Keuchik Gampong Meunasah Alue Ataillah. Pada Jumat (9/12/2022) di halaman Meunasah Gampong Meunasah Alue, Kecamatan Peudada.


    Keuchik Gampong Meunasah Alue,menyampaikan, pelaksanaan program ketahanan pangan yang di laksanakan melalui anggaran Dana Desa sebesar 20% dari pagu anggaran kampung tahun anggaran 2022 sebagaimana amanat peraturan Presiden Republik Indonesia yang kemudian kami laksanakan dalam bentuk komoditi Benih Padi yg sasaran nya berupa pemberian bibit,kepada seluruh para petani di gampong Lanjutnya, di Gampong Meunasah Alue juga adanya kelompok tani Alue jaya yang telah melaksanakan Kegiatan Sekolah lapang Tani ( SL ) Binaan dari balai penyuluhan Pertanian Kecamatan Peudada, melalui Program ini bisa menjadi daya tarik dan semangat para Petani Gampong Meunasah Alue dalam bercocok Tanam.


    “Pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama, oleh sebab itu  sesuai dengan dukungan kebijakan  Peraturan Presiden Nomor 104 tahun 2021 tentang Rincian APBN Tahun Anggaran 2022 disebutkan bahwa  Dana Desa ditentukan penggunaannya untuk program ketahanan pangan adalah sebesar 20%.” Ucap Ataillah Saat diwawancarai awak media ini.


    Lanjutnya, kebijakan yang ada tersebut, perlu dioptimalkan untuk pengembangan potensi Gampong dan kawasan melalui berbagai macam komoditas pangan dengan memanfaatkan berbagai bantuan pemerintah dalam bidang pertanian bertujuan agar masyarakat memiliki kemampuan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan pangan di secara mandiri. Dana Desa diharapkan mampu mendukung kegiatan dari mulai produksi, penyediaan lahan dan infrastruktur penunjang, pengolahan dan pemasaran hasil pertanian yang dikembangkan tersebut.


    “Atas nama pribadi dan Pemerintah Gampong Meunasah Alue, saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Masyarakat Gampong Meunasah Alue dan Kelompok Tani alue jaya, dan para Penyuluh yang telah mendukung program pemerintah dalam hal peningkatan ketahanan pangan. Tentunya agenda hari ini, menunjukkan keseriusan Pemerintah untuk penguatan di sektor pangan dan sebagai wujud konsistensi kita bersama agar kedepannya dapat menjadi salah satu Gampong penghasil bahan pangan Padi dan lainnya yang memiliki basis yang kuat karena kita semua bersatu padu untuk mendukung hal tersebut”, kata Keuchik.


    Ataillah, juga mengharapkan kepada para petani dan kelompok tani gampong  , untuk terus giat dan sungguh-sungguh, serta tekun dalam melakukan beragam giat pertanian yang mana di anggap memiliki potensi yang baik untuk dikembangkan. Dan juga kepada para penyuluh pertanian untuk dapat membangun komunikasi serta koordinasi yang baik dengan para petani dan stakeholders terkait. Lebih konsen lagi dalam menemukan dan mengungkapkan berbagai permasalahan yang menjadi kendala dalam pengembangan pertanian yang ada di daerah kita dan kemudian bersama di diskusikan untuk di carikan solusinya, yang mana tujuan kita bersama untuk pemenuhan kebutuhan serta ketahanan pangan.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini