• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (551) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Persiapan Seorang Aktor Membutuhkan Tubuh dan Alam

    Sabtu, 07 Januari 2023, Januari 07, 2023 WIB Last Updated 2023-01-08T05:48:44Z

     


    elitnesia.id| Padang Panjang,- Komunitas Seni Kuflet Padangpanjang melaksanakan diskusi dengan materi "Teknik dan metode penyutradaraan bertajuk Tubuh dan Alam" (8/1/202) bertempat di Sekretariat Komunitas Seni Kuflet, kampung Jambak dengan pemateri   Dr. Yusril, S.S., M.Sn yang dimoderatori Nela Febri Yasmi. 


    Akbar Ketua Umum Komunitas Seni Kuflet mengatakan, "Kuflet setiap minggu selalu saja mengadakan rutinitas diskusi dan latihan dasar. Biasanya diskusi mingguan tersebut narasumbernya dari anggota Kuflet secara bergilir untuk melatih kebiasaan mengeluarkan pendapat dan mempresentasikan pemikirannya. Namun ada kegiatan diskusi setiap sebulan sekali mendatangkan pakar dibidangnya, seperti hari ini kami mengundang Dr. Yusril, S.S., M.Sn dosen Jurusan Seni Teater ISI Padangpanjang, dan Sutradara Teater Indonesia asal.Padangpanjang untuk mendiskusikan perihal tekhnik dan Metode Penyutradaraan pentingnya tubuh dan alam bagi seorang aktor" Paparnya.


    Sulaiman Juned, Pendiri dan Penasihat Komunitas Seni Kuflet mengatakan, "Kegiatan diskusi dengan menghadirkan narasumber dari luar memang selalu dilakukan oleh kuflet. Beberapa bulan lalu kita menghadirkan Gola Gong sastrawan dan pendiri Rumah Dunia di Banten yang membahas mengenai Cerpen Mini. Bulan ini dalam mengawali tahun 2023 Kuflet mengundang Yusril seorang sutradara teater untuk mendialogkan perihal teater dan metode penyutradaraan dan keaktorannya. Terima kasih pak Yusril telah berkenan berbagi" Ucap penyair yang sutradara teater itu.


    Sementara itu Yusril menjelaskan "Teknik dan Metode Penyutradaraan berawal dari apa yang dibaca dan berasal dari pengalaman. Konsep penyutradaraan tubuh dan alam tentu mampu mengikuti arus atau melawan arus ketika melakukan latihan di alam.  Bagi seorang aktor awalnya harus melakukan peniruan, meniru dan meruangkan dalam diri, serta menangkap bunyi sungai, hujan, hutan" Tutur Dosen Penciptaan Teater di Program Pascasarjana ISI Padangpanjang.


    Yusril menambahkan, "Metode tubuh dan alam dapat menciptakan filosofi, latihan tentang memori ingatan. Setiap orang memiliki memori ingatan yang berbeda. Selanjutnya memori atau pengalaman itu dibagikan ke orang lain dengan berbagai pengalaman. Jadi,  filosofi ketubuhan mengetahui fungsi dan nilai tubuh yang harus dipahami dan diketahui oleh aktor" Paparnya.


    Sedang dalam Metode Penyutradaraan Yusril mengatakan  "Kita harus mengetahui pengalaman dan ketubuhan seorang aktor. Setiap aktor memiliki kemampuan yang berbeda, dalam mengajarkan metode ketubuhan berasal dari pengalaman pribadi kebiasaan yang dilakukan seseorang dapat menjadikannya seorang aktor yang baik, semua orang sesungguhnya dapat menjadi aktor" Menutup diskusi tersebu. (**/Fazha)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini