• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (551) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Jamaah Haji Bireuen Diberangkatkan

    Sabtu, 27 Mei 2023, Mei 27, 2023 WIB Last Updated 2023-05-28T04:06:29Z

     


    elitnesia.id|Bireuen, - Jamaah Haji Kabupaten Bireuen yang diberangkatkan oleh pemerintah tahun 2023 berjumlah 328 orang terdiri dari 117 orang laki-laki dan 211 orang perempuan, dibagi dalam 2 (dua) kloter. Kloter BTJ-6  berjumlah  323 orang dan kloter BTJ-12 berjumlah 5 orang.


    Para jamaah yang berada dalam wilayah Mesjid Agung Sulthan Jeumpa, dilakukan peusijuk atau tepung tawar dan selanjutnya Jamaah Haji dilepas langsung Sekda Bireuen Ir Ibrahim Ahmad M.Si, pada Sabtu Malam, 27 Mei 2023.


    Panitia Pemberangkatan Jamaah Haji Tahun 2023, Anwar S.Ag, MAP mengatakan, Jumlah quota awal Jamaah Haji Kloter BTJ-6 sebenarnya 325 orang, namun batal berangkat 2 (dua) orang yaitu 

    Muhammad Abdul Manaf Ali (Sakit) usia 91 tahun alamat gampong Blang Mee Kecamatan Kuta Blang dan Halimah Muhammad Saleh (Sakit) usia 62 tahun alamat gampong Pulo Ara Geudong Teungoh Kecamatan Kota Juang.


    "Dari 328 jamaah haji yang berangkat tahun ini tercatat jamaah haji termuda atas nama Abizar Al Aqsa Usia 18 tahun alamat Gampong Bireuen Meunasah Capa Kecamatan Kota Juang. Adapun jamaah haji tertua

     atas nama Katijah Ibrahim Ibnu usia 95 tahun Gampong Dayah Blang Raleue Kecamatan Jeunieb, "ujarnya.



    Lanjutnya, Untuk pemberangkatan jamaah haji dari Bireuen ke Embarkasi Haji Aceh di Banda Aceh, Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Syariat Islam menyediakan 11 (sebelas) unit armada bus, Dinas Kesehatan menyediakan 2 (dua) unit mobil ambulace, Dinas Perhubungan dan Polres Bireuen masing-masing menyediakan 1 (satu) unit mobil voorijder.


    Selain itu Untuk mempermudah jangkauan bagi jamaah haji dari 17 kecamatan, panitia menyiapkan titik pemberangkatan malam ini dipusatkan di 7 (tujuh) lokasi yaitu:

    1. Masjid Besar Kec.Gandapura.

    2. Masjid Besar Kec.Kuta Blang.

    3. Masjid Besar Kec.Peusangan.

    4. Masjid Agung Sultan Jeumpa.

    5. Masjid Besar Kec.Peudada.

    6. Masjid Besar Kec.Jeunieb. dan

    7. Masjid Besar Kec.Samalanga.


    Adapun bus dan 2 (dua) orang petugas untuk masing-masing bus sudah berangkat ke semua lokasi sejak pukul 6 sore tadi untuk melayani para jamaah. Di masing-masing lokasi dilepaskan oleh para Camat kecuali di Masjid Agung Sultan Jeumpa yang akan dilepaskan sebentar lagi oleh Bapak Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen. 


    "Untuk Bapak Pj.Bupati akan melepaskan seluruh jamaah haji yang tergabung dalam  kloter BTJ 6 di Embarkasi Haji Aceh malam besok, termasuk dari jamaah haji Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Gayo Luwes, "jelasnya.


    Semua jamah diharapkan agar shalat isya dan keperluan toilet lainnya sebelum berangkat, tidak ada perberhentian bus sampai titik persinggahan yang direncanakan di Masjid Padang Tiji sebelah kiri jalan nasional, kecuali dalam keadaan darurat. Semua bus rombongan jamaah diharapkan berhenti paling lama 45 menit, nantinya akan diatur kembali oleh petugas dari Dinas Perhubungan dan personil polisi serta petugas bus lainnya.


    Setelah acara pelepasan di semua lokasi, seluruh rombongan dari kecamatan wilayah timur berkumpul di Masjid Agung Sultan Jeumpa, kemudian sama-sama berangkat dan dikawal oleh mobil voorijder dari kepolisian dan Dishup Kabupaten Bureuen. Tidak dibenarkan naik kedalam bus para keluarga pengantar dan penumpang lainnya selain petugas yang telah ditunjuk oleh panitia.


    Sementara bus dari kecamatan wilayah barat setelah pelepasan dimasing-masing lokasi akan menunggu di Batei Iliek selanjutnya seluruh rombongan akan menuju Banda Aceh dengan susunan dari depan mobil voirijder Polisi 1 unit, disusul bus rombongan jamaah haji 5 unit, disusul mobil ambulan 1 unit, selanjutnya  bus rombongan jamaah haji 6 unit, disusul mobil ambulan 1 unit, kemudian mobil petugas pendamping 3 unit dan ditutup mobil voorijder Dishun 1 unit. 


    Seluruh rombongan diharapkan tiba di Masjid Raya Baiturrahman paling lambat pukuk 4.30 wib dini hati Selanjutnya jamaah shalat subuh, sarapan pagi dan dilanjutkan dengan pembagian ID Card dan Kartu kesehatan. Tidak dibenarkan jamaah meninggalkan komplek Masjid Raya Baiturrahman, baik secara pribadi, kelompok maupun di jemput keluarga di Banda Aceh. Seluruh rombongan berangkat dari Masjid Raya Baiturrahman pukul 7 wib menuju Embarkasi Haji Aceh.


    "Untuk pelayanan pemberangkatan jamaah haji, panitia menyiapkan 40 orang petugas: terdiri dari 20 orang petugas dalam bus, 6 Orang petugas medis, 2 orang petugas pengamanan dari Polres Bireuen, 2 orang petugas pengamanan lalu lintas dari  Dinas Perhubungan,  4 orang petugas pendamping dari Dinas Syariat Islam dan Kantor Kementerian Agama , 3 orang petugas konsumsi dan 3 orang supir, " pungkasnya Kepala Dinas Syariat Islam

    Kabupate Bireuen Anwar.


    Sementara itu Sekda Bireuen Ir Ibrahim Ahmad M.Si menyampaikan kepada jamaah haji untuk menjaga kesehatan dengan banyak minum air putih, dikarenakan suhu panas yang tinggi disana.


    "Pemerintah Kabupaten Bireuen telah menyiap semua dalam keberangkatan jamaah haji, baik dari transport pengamanan dan juga pedamping jamaah, dimana pelepasa jamaah haji ada tujuh titik pelepasannya, "terangnya.


    Lanjutynya, untuk tahun ini ada 328 orang yang berangkat haji terdiri dari 117 orang laki-laki dan 211 orang perempuan, dibagi dalam 2 (dua) kloter. (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini