• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (551) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Peduli Lansia, PPNI Bireuen Gelar Bakti Sosial

    Kamis, 18 Mei 2023, Mei 18, 2023 WIB Last Updated 2023-05-18T16:16:20Z

    elitnesia.id|Bireuen - PPNI Sajan Lansia , Lansia Sehat Beribadah Kuat menjadi tajuk acara Bakti Sosial yang diselenggarakan oleh Persatuan Perawat Nasional Indonesia ( PPNI ) Kabupaten Bireuen pada Kamis (18/05/2023) bertempat di Praktek Mandiri Didi Suryadi, Gampong Rancong, Kecamatan Kuta Blang, Kabupaten Bireuen.


    Ns. Didi Suryadi, S.Kep., koordinator kegiatan bakti sosial tersebut dalam kata sambutannya saat acara pembukaan menyampaikan bahwa kegiatan bakti sosial untuk Lansia ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka International Nurse Day (IND) kerjasama PPNI Bireuen dengannya selaku owner praktek mandiri dimana tempat kegiatan ini dilaksanakan.


    "Kegiatan bakti sosial terhadap bapak ibu lansia yang kita gelar hari ini masih dalam rangkaian kegiatan peringatan Hari Perawat Sedunia, selain itu juga bagian dari social responsibility dari praktek mandiri saya dan insya Allah program sosial ini akan kita laksanakan setiap 6 bulan." jelas Didi Suryadi yang dikenal dengan Didi Noah.


    Lanjut Didi, fokus utamanya adalah memberikan edukasi kesehatan bagi para lansia, dimana lansia adalah segmen masyarakat yang perlu memperoleh perhatian khusus terutama terkait upaya untuk menjaga kesehatan.  


    "Kegiatan kita hari ini meliputi edukasi atau penyuluhan kesehatan lansia dan juga cek kesehatan gratis terhadap para bapak ibu lansia yang berasal dari Gampong Rancong dan gampong sekitarnya, yang berjumlah 70 orang ," ujar Didi Noah.


    Sementara itu, Ketua PPNI Bireuen Ns. Mirzal Tawi, M.K.M atau kerap disapa Syeh Tawi menyebut bahwa pihaknya berterima kasih dan mengapresiasi program bakti sosial tersebut.


    "Kami atas nama PPNI Bireuen menyampaikan Alhamdulillah serta apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ns. Didi Suryadi, S.Kep atau mantri Didi Noah atas prakarsa dan telah menginisiasi kegiatan hari ini," sebut Syeh Tawi.


    Kita berharap, lanjut Mirzal Tawi, bahwa program atau kegiatan ini bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi rekan perawat sejawat lainnya untuk bergerak bersama Organisasi Profesi kita PPNI agar mengikuti juga laksanakan program sosial semacam ini atau lainnya.


    "Organisasi profesi bukan hanya mengurus persoalan internal perawat semata. Tentu juga harus memiliki dampak positif keberadaannya bagi masyarakat baik lansia dan masyarakat secara umum," ujar Mirzal Tawi.


    Selanjutnya Mirzal Tawi menyampaikan bahwa selain kegiatan bakti sosial lansia hari ini, sebelumnya PPNI Bireuen juga sudah laksanakan Workshop Perawatan Luka bersama InWCCA dalam konteks peringatan International Nurse Day tahun 2023.


    Hadir sebagai narasumber dalam edukasi atau penyuluhan kesehatan adalah dua orang dosen Fakultas ilmu Kesehatan (FIKES) Universitas Muhammadiyah Mahakarya Aceh (UMMAH) yang juga pengurus Harian PPNI Bireuen yaitu Ns. Nessa Fatna, M.Kep. dan Ns.Nurul Husna, M.Kep. 


    Di hadapan seluruh peserta yang rata-rata berusia di atas 60 tahun ini, Nessa Fatna menjelaskan seputar manajemen kesehatan lansia, sedangkan Nurul Husna menjelaskan dan mengajak lansia tentang Reminiscence Therapy.


    Kegiatan ini diakhiri dengan konsultasi dan pemeriksaan gratis oleh pengurus PPNI Bireuen dan mahasiswa Fikes UMMAH yang terdiri dari penimbangan berat badan, pengecekan tekanan darah, cek gula darah, kolesterol dan asam urat.


    Nek Khadijah, salah satu warga Rancong yang mengikuti kegiatan ini mengaku senang dapat hadir dan memperoleh edukasi terkait kesehatan lansia.


    “Ilmu yang diberikan dapat menjadi contoh bagi kami untuk diterapkan di rumah, dan saya sangat mendukung apabila kegiatan ini rutin diselenggarakan,” harapnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini