• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (550) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (270) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    Kadistanbun Bireuen Tanam Perdana Jagung di Gandapura

    Senin, 10 Juni 2024, Juni 10, 2024 WIB Last Updated 2024-06-10T08:09:53Z


    Elitnesia.id|Bireuen,- kelompok tani Jumpa Puteh Gampong Tanjong Raya Kecamatan Gandapura Kabupaten Bireuen Tanam Jagung Perdana pada hari Senin 10 Juni 2024 di areal lahan desa setempat.


    Penanaman jagung hiprida perdana dihadiri langsung oleh kadistanbun Bireuen Muliadi SE MM yang ikut menanam jagunga bersama tamu undangan dengan mendorong roda alat Penanaman jagung di lahan yang sudah di Persiapkan, proses tanam turut didampingi oleh camat Gandapura Azmi S.Ag juga pihak Bhabinkamtibmas polsek Gabdapura, kepala DPP Gandapura  Mahmudin SP Kepala DPP Kecamatan Jeumpa Hendri SP, Mantri tani kecamatan Gandapura Muhammad S.A.P serta para Penyuluh Pertanian Kecamatan dan para perangkat Gampong Tanjong Rara.


    Keuchik Tanjong Raya Muliadi (36) didepan para undangan menyampaikan lahan seluas 10 Hektar lahan tidur  dipersiapkan untuk menanam Jagung dengan alokasi dana desa 20% untuk ketahanan pangan.


    "Karena dataran tinggi air tadah hujan kami minta masyarakat memprsiapkan lahan yang sebelumnya rimba untuk menanam jagung"kata keuchik.


    Keuchik mengucapkan terimakasih atas kehadiran Kadistanbun Bireuen beserta rombongan  yang langsung di ikut sertakan kepala DPP Kecamatan Juempa untuk membatu warga Tanjong raya pada penanaman perdana" mengingat Kecamatan Jumpa sudah sukses pada penanaman jagong" sebut Muliadi.


    Kadistanbun  Bireuen sebelumnya menyampaikan Dinas dalam hal ini mendukungan semua program desa yang bergerak tentang perekonomian, kadis berharap para petani mengikuti aturan dalam proses alur penaman apapun komuditinya sesuai arahan para penyuluh setempat dengan mengikuti proses yang benar dan tepat sehingga hasil yang baik dan rentan dari gagal panen.


    "Penyuluh juga jangan cuma datang foto tapi setiap kunjungan Lapangan beri wejangan dan perlindungan yang bagus kepada para petani"harap kadis.


    Dikatakan Kadis juga menanam jagung lebih mudah yang beda dengan padi" jagung modal murah harga jual mahal beda dengan padi berapapun harga jual modal tetap mahal namun bukan juga harus menanam jagung dan tidak menam padi lagi tapi kondisikan lahan dan fungsi utamanya"


    Terakhir kadis berharap kepada keuchik dan para Penyuluh setelah penanaman perdana ini menjadi stimulus juga bagi warga desa lain di Gandapura untuk dapat memanfaatkan lahan dengan baik sehingga masyarakat aktif dan pihak pemerintah pasti responsif dsn memberi dukungan.(Fadel/ipul)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini