• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (551) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Mahasiswa KKMT Umuslim Buat Pakan Ternak, Untuk Meningkatkan Ekonomi

    Selasa, 07 Desember 2021, Desember 07, 2021 WIB Last Updated 2021-12-07T15:19:05Z
    Elitnesia.com l Mahasiswa  KKMT (Kuliah kerja mahasiswa Tematik) membangun desa fakultas pertanian (FP) universitas Almuslim angkatan 2018 melakukan pembuatan fermentasi batang pisang untuk makanan ternak di Desa Cot Jrat, Kecamatan Kota Juang, Kabupaten Bireuen.

    Ketua kelompok  2 Yuammar mengatakan , di desa ini memiliki potensi yang bisa diangkat melalui limbah sampah, seperti jerami dan batang pisang sangat disayangkan jika di buang begitu saja, 

    "karena memiliki potensi yang sangat baik yaitu sebagai pakan fermentasi untuk sapi. Tentunya dapat membantu perekonomian masyarakat"  kata  Yuammar Selasa (7/12/2021)

    Oleh karena itu, Mahasiswa KKMT Umuslim menawarkan solusi untuk memanfaatkan Batang sebagai pakan fermentasi untuk sapi. Hal itu dikarenakan masyarakat di sana juga banyak yang memelihara sapi " jelasnya"

    Ia menambahkan, Dari hasil fermentasi  tersebut dia bersama kelompoknya menyimpulkan bahwa  memanfaatkan batang pisang  yang difermentasi ini sangat bermanfaat untuk pakan ternak. Menurutnya pakan yang telah difermentasi akan membantu pencernaan makanan pada ternak, sehingga hewan tidak perlu mengeluarkan energi lebih untuk memprosesnya.

    "Melalui fermentasi kualitas pakan ternak dapat meningkat karena nutrisi pakan tetap terjaga meskipun tumbuhan yang digunakan sudah tidak segar lagi".

    Rico Efendi menambahkan, untuk bahan dasar pembuatan fermentasi pakan ternak yaitu dari Batang Pisang. Hal ini tentu dilatar belakangi oleh kegiatan kelompok masyarakat petani sebagain besar pada sektor pertanian. Sehingga diharapkan dengan adanya inovasi fermentasi ini tidak hanya meningkatkan kualitas peternakan melainkan mampu mereduksi limbah pertanian menjadi bahan dasar yang lebih bermanfaat."jelasnya". (NN)
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini