• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (550) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (270) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Iklan

    HRD bersama Menteri Perhubungan Tinjau Langsung Pembangunan Kereta Api Aceh

    Sabtu, 01 April 2023, April 01, 2023 WIB Last Updated 2023-04-01T19:18:21Z


    elitnesia.id|Bireuen ,- Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi dan rombongan didampingi Anggota Komisi V DPR RI Fraksi Kebangkitan Bangsa (F-PKB) H Ruslan M Daud, SE, M.AP meninjau Stasiun Kereta Api Kuta Blang Kabupaten Bireuen, Sabtu (1/4/2023) sekira pukul 14.30 WIB sore.


    Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi hadir ke Kabupaten Bireuen untuk melihat secara langsung kondisi pembangunan Rel Kereta Api yang sudah mangkrak sejak mulai dibangun tahun 2014 silam.


    Menhub dan rombongan tiba di stasiun Kuta Blang kawasan Desa Paya Rangkuluh Kecamatan Kuta Blang dengan menaiki Kereta Api dari Stasiun Bungkah, Krueng Mane Muara Batu Kabupaten Aceh Utara, disambut unsur Forkopimda Bireuen, para Camat Keuchik serta tokoh dan masyarakat setempat.



    Menhub Budi Karya Sumadi dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sudah 3 kali ke Aceh.


    “Saya dalam satu bulan ini sudah tiga kali ke Aceh, yaitu ke Banda Aceh, Bener Meriah, Lhokseumawe dan ke Bireuen hari ini," katanya.


    “Kunjungan ini merupakan perintah langsung Presiden Jokowi Widodo, karena sebut Bapak Presiden, Aceh harus dibangun sama seperti daerah lain, setuju ya,"  ungkap Menhub yang disambut aplaus para hadirin.


    “Tadi saya dan rombongan naik kereta api Aceh Cut Meutia dari Stasiun Bungkah Krueng Mane, larinya masih lambat, seandainya kecepatan kereta api 60 km/ jam, maka saya akan mengundang Bapak Presiden Jokowi untuk datang ke Bireuen naik kereta api, tolong pak Dirjen usahakan untuk agar kecepatan kereta api ini bisa mencapai 60 km/jam,"ungkap Budi.


    Dikatakannya, terkait pembangunan jalur Rel kereta api sebagaimana harapan Bapak HRD beserta harapan masyarakat Aceh, maka pembangunan jalur kereta api akan dilanjutkan kembali tahun 2024 mendatang.


    “Manyahuti permintaan HRD dan masyarakat Aceh, kita upayakan pembangunan rel kereta api akan kembali dilanjutkan pada 2024. Untuk itu mohon dukungan semua pihak dan elemen masyarakat, agar rencana ini dapat terlaksana dengan baik,” pinta Menhub Budi.


    "Mungkin sekitar 20 km lagi, dari 60 km yang sudah dibangun di Bireuen," tambah Menhub.


    Sementara itu, H Ruslan M Daud (HRD) dalam pertemuan tersebut mengungkapkan, terima kasih dan  terharu atas kehadiran Menteri Perhubungan ke Bireuen kali ini.


    "Dengan kehadiran Bapak Menteri Perhubungan dan Bapak Dirjen Perhubungan ke Bireuen khususnya  untuk melihat secara langsung, sudah dapat dipastikan pembangunan akan segera dilanjutkan sesuai harapan kita bersama, ini satu-satunya menteri yang sudah naik kereta api Aceh," terang HRD.


    Bupati Bireuen periode 2012-2017 itu sangat berharap agar Menhub membantu menyukseskan lanjutan pembangunan kereta api Bireuen- Lhokseumawe, yang dipastikan akan menyerap anggaran sebesar Rp 1 Triliun lagi, tanah pun sudah dibebaskan.


    “Tanah yang terkena jalur kereta api sudah kelar semua, hanya tinggal tanah wakaf yang belum selesai. Termasuk  pihak kita yang menyelesaikan masalah tanah, karena waktu itu saya menjabat Bupati Bireuen,” ujar HRD.


    Pertemuan dengan orang nomor satu di Kemenhub dan HRD tersebut, turut dihadiri unsur Forkopimda Bireuen, Pj Bupati Bireuen diwakili Asisten I, Dailami, Kapolres Bireuen, AKBP Mike Hardy Wirapraja,SIK MH, Dandim 0111/Bireuen, Letkol Inf Ade Munandar SI Pem, Kepala Kejaksaan Negeri Bireuen, H Munawal Hadi SH MH, Kadis Perhubungan dan sejumlah Kepala SKPK Bireuen, para Camat, Keuchik dan tokoh masyarakat setempat.  (*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Daerah

    +