• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (551) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Kuflet Dialog Perihal Mengenali Teater

    Sabtu, 07 Oktober 2023, Oktober 07, 2023 WIB Last Updated 2023-10-07T15:29:55Z

     


    Elitnesia.id|Padangpanjang, - Komunitas Seni Kuflet mengadakan diskusi rutin, Sabtu (07/10/23) digelar di Sekretariat Kuflet. Kali ini membahas  "Mengenali Teater" dengan narasumber Aktam Hakim yang dimoderatori Opiyanda Riska" Tutur Akbar Ketua Umum Komunitas Seni Kuflet.


    Menurut Akram Hakim

    Teater berasal dari kata Theatron pembacaannya pada buku "Kitab Teater" Nano Riantiarno  yaitu panggung tempat melihat dan teater juga dapat diartikan Seniman atau segala kegiatan. 

    Teater dulu ritual (upacara) agama berhubungan dengan dewa dan makluk gaib dan ada juga Macam genre atau macam teater seperti

    Tragedi dan komedi.  Tragedi contoh naskahnya seperti "Bila Malam Bertambah Malam" dan komedi contoh naskahnya "The Bear" karya anton Chekhov dan "Lena Tak Pulang".

           Akram menambahkan Dalam Aliran gaya drama teater, terdiri dari naskah klasik itu naskah berhubungan dengan Kerajaan atau dewa. Sedangkan realisme itu naskah  kehidupan nyata dan masa masa kehidupan sehari hari. Sementara Non Realisme, jenisnya

    Ada absurd, surealis, dan  ekspresionis. 

    Dalam naskah babak itu selalu bertemu dengan kramagung penambahan tokoh atau masuk tokoh baru dan ada neben teks yaitu keterangan di dialog. Ucapnya.


     Mursidiq peserta diskusi mengatakan, Teater suatu kegiatan manusia dalam menggunakan tubuh atau benda-benda yang dapat digerakan. Ada suara, musik dan tarian sebagai media untuk ekspresi cita, rasa, dan karsa seni, misalnya opera, sendratari, berbagai jenis wayang, ludruk. Tuturnya.


    Dr. Sulaiman Juned mengatakan, Diskusi ringan dan rutin setiap Sabtu sore di Kuflet menjadi tempat berbagi ilmu dan belajar. Setiap anggota saling bergantian menjadi narasumber. Hal ini  agar semua anggota memiliki ketrampilan Membaca, Menyimak, berbicara dan menulis selain mampu menjadi sutradara, aktor dan penata artistik. Papar Sastrawan dan Sutradara yang juga pendiri dan Penasihat Kuflet. (*/Rani)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Daerah

    +