• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (550) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Musik Dalam Proses Kreatif Pertunjukan Teater

    Sabtu, 04 Mei 2024, Mei 04, 2024 WIB Last Updated 2024-05-04T13:56:44Z

     


    Elitnesia.id|Padangpanjang,-  Komunitas Seni Kuflet diskusikan "Musik Dalam Kerja Kreatif Teater" dengan narasumber Zul Hasfan Nasution (Composer, Arrangger, Director Galaga Indonesia Kreasi Jakarta) dimoderatori Sarah Samosir (4/5/ 2024).

     

    Arrangger Musik, Hasfan mengatakan "Proses kreatif dalam musik mencakup penggunaan musik dalam berbagai aspek baik dari teater. Musik di teater berubah wujud sejak teater koma, musik menjadi sangat besar persentasenya, seperti cerita Cina 'Dewi Quan In'. Wujud pertunjukan teater tidak hanya drama atau naskah saja, sementata di dunia industri lebih banyak di temukan drama musikal. Kita bisa melihat peran dari musik dalam penciptaan karya drama musikal, dimana drama musikal sangat berkembang pesat dewasa ini". Jelas instruktur biola di Parabi Dwiki Darmawan, Jakarta.


    Hasfan menambahkan "Bakat saja tidak cukup yang paling penting adalah proses sehingga latihan menjadi sangat penting. Dalam bidang musik sebagai seniman tidak hanya terpaku di satu kreatifitas musik saja. Seniman juga bisa melibatkan opera, tari dan teater juga. Meski secara umum proses kreatif yang dilakukan kreator tetap sama. Produksi dalam pembuatan sebuah karya bukan hanya di depan pentas. Tim produksi juga bergerak di belakang pentas  seperti lighting, standman , properti dan lain-lain" Paparnya. 


    Sutradara teater di Kuflet,  Solehah Hasanah Nasution mengatakan "Pemnahasan musik dalam kerja kreatif teater terkait penggunaan musik konvensional dan digital dalam proses kreatif pembuatan musik untuk karya teater sangat berguna pembahasannya bagi perkembangan musik dalam ruang teater" Paparnya



    Anggota Kuflet Maksalmina mengatakan,  "Merasa diskusi ini sangat membantunya dalam memahami peran sutradara dan komposer serta penata musik dalam proses kreatif pembuatan film. Bagaimana musik dalam film sinkron dengan keinginan sang sutradara dan dapat menyatu dengan film, serta dapat dinikmati oleh penonton" Ucap mahasiswa Pascasarjana (S2) Minat Film ISI Padangpamjang. 


    Aktris Kuflet Siti Nur Atikah, mengatakan  "Diskusi ini dapat mengetahui bahwa musik memiliki lima unsur yang harus dipenuhinya, yaitu Warna bunyi, tinggi atau rendahnya nada,  durasi panjang pendek,  dinamik terkait lembut dan  kerasnya bunyi, serta Irama atau identitas" Ucapnya.


    Anggota Kuflet Mursidiq mengatakan  "Genre musik  juga mempengaruhi masyarakat , boomingnya industri musik berkaitan dengan musik yang merajai dunia musik pada saat itu.  Logika industri juga diperlukan, mencakup semua yang dibutuhkan agar musik dapat diminati" Ucap mahasiswa DKV Pascasarjana (S2) ISI Padangpanjang (*/ Rezi Ilfi)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini