• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (550) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Sejumlah Dayah di Bireuen Terima Bantuan Kitab dan Komputer dari Pemerintah

    Rabu, 15 Mei 2024, Mei 15, 2024 WIB Last Updated 2024-05-16T11:05:22Z

     


    Elitnesia.id|Bireuen,- Pemerintah Kabupaten Bireuen melalui Dinas Pendidikan Dayah setempat menyalurkan bantuan kitab kuning kepada 36 Dayah.  Bantuan diterima langsung oleh pimpinan dayah  diserahkan oleh Bupati Bireuen yang di wakili Kepala Dinas Anwar, S.Ag, MAP berlangsung Kamis, 16/05/2024. Di Dinas setempat


    Anwar yang ditemui media ini menyebutkan, kitab kuning yang diserahkan merupakan bantuan belanja hibah dari Pemerintah Kabupaten Bireuen sumber Dana Alokasi Umum (DAU) Tahun Anggaran 2024. Bantuan ini merupakan bentuk partisipasi pemerintah daerah dalam rangka pembinaan dayah menuju Bireuen Kota Santri.


    Pengadaan kitab tahun ini dilakukan atas usulan masyarakat pada tahun 2023 yang lalu, baik usulan melalui musrenbang, aspirasi anggota DPRK Bireuen maupun  proposal yang masuk melalui Bupati atau Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen. Alhamdulillah Pemerintah Kabupaten Bireuen sudah berusaha mengakomodir semua usulan yang ada berdasarkan proposal yang masuk. sebut Anwar.


    Anwar menambahkan, secara teknis pengadaan dikelompokkan masing-masing dalam 11 paket kegiatan yang terdiri dari 30 jenis kitab dari usulan 36 Dayah dalam Kabupaten Bireuen. Jumlah anggaran sebesar Rp.887.314.000. Penyaluran bantuan hari ini untuk 9 dayah, secara administrasi sudah selesai pengadaannya oleh pihak rekanan melalui ekatalog. Insyaallah kami akan melakukan secara bertahap sampai selesai 100 persen nantinya.


    Adapun nama-nama 9 dayah penerima bantuan kitab tahap pertama ini yaitu; Dayah Darul Ulum Putri Tanoh Mirah, Dayah sultan Malikussaleh Cot iju, Dayah Budi muslimat Pante Pisang, Dayah darussa'adah Cot Bada, dayah al Furqan Gampong Raya Dagang, dayah Minhajul abadi Barat Lanyan, Dayah Riyadul Salihin Pulo Reudeup, Dayah An Nabawi Paya Malem Uteun Gathom dan Dayah An Zanjabil Buket teukuh.


    Kepala Dinas Pendidikan Dayah Anwar, S.ag, MAP dalam temu ramah dengan pimpinan dayah penerima bantuan kitab mengharapkan agar bantuan kitab dapat digunakan seperlunya terutama untuk membatu para santri dari keluarga kurang mampu, sehingga kedepannya para santri dapat lebih meningkatkan literasi syariah dilingkungan dayah dan masyarakat sekitarnya. 


    Sementara itu informasi yang diterima media ini, Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Bireuen dua hari yang lalu juga telah menyalurkan 7 unit komputer kepada Dayah MBS Gampong Geulanggang Baro. Komputer dimaksud akan digunakan untuk mendukung pelaksanaan administrasi dayah juga sebagai pustaka digital bagi santri yang mondok di dayah tersebut.(Rel)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini