• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (551) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Pemkab Bireuen Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila

    Kamis, 01 Juni 2023, Juni 01, 2023 WIB Last Updated 2023-06-12T18:35:30Z


    elitnesia.id|Bireuen,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bireuen menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023, di halaman Pendopo Bireuen, Kamis pagi, 1 Juni 2023.


    Penjabat (Pj) Bupati Bireuen, Aulia Sofyan.Ph.D, bertindak selaku pembina upacara, sementara Kapten Inf Jailani (Danramil 01 Kota Juang) sebagai Komandan Upacara dan Lettu Inf Safari (Danramil/09 Makmur) sebagai Perwira Upacara.



    Selaku pembina upacara, Pj Bupati Bireuen, Aulia Sofyan, membacakan sambutan tertulis Presiden RI Joko Widodo.


    Pengamalan nilai-nilai Pancasila merupakan perwujudan rasa cinta kepada Tanah Air sehingga dapat membangun bangsa dan negara yang lebih baik.


    Nilai-nilai Pancasila dapat diamalkan dalam bentuk sederhana, seperti saling menghargai, bekerja sama, dan saling menghormati.


    Berkat Pancasila dengan nilainilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong, keberagaman yang ada menjadi berkah yang dirajut dalam identitas nasional Bhinneka Tunggal Ika.



    Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.



    Perkembangan situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.


    Nilai-nilai Pancasila diharapkan dapat menjadi filter agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan.


    Saat ini bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa kritis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia.



    “Ke depan, kita akan mewujudkan Indonesia Emas 2045 dan Impian Indonesia 2085, yaitu menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bangsa-bangsa lain di dunia; menjunjung tinggi pluralisme, berbudaya, religius dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika; menjadi pusat pendidikan, teknologi, dan peradaban dunia,” bacanya.


    Masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh Indonesia menjadi negara yang mandiri dan negara yang paling berpengaruh di Asia Pasifik dan Indonesia menjadi barometer pertumbuhan ekonomi dunia.


    Tahun depan akan menghadapi pesta demokrasi serentak melalui penyelenggaraan Pemilihan Umum 2024



    Untuk itu dia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menyukseskan Pemilu yang jujur, aman, dan damai.


    Harus menjaga kerukunan dan keutuhan untuk menciptakan suasana yang kondusif sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila.


    Jiwa dan roh Pancasila harus diaktualisasikan dalam cara berpikir, bertindak, dan berelasi setiap individu manusia Indonesia sehingga akan terwujud nilai kemanusian dan solidaritas bangsa.



    Dalam kesempatan ini, diampaikan, angka stunting di Indonesia masih tinggi dan berada di atas ambang batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20 persen.


    Untuk mengatasinya, seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di Indonesia.


    Pada peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 ini, marilah bergotong royong membangun peradaban dan pertumbuhan global, berkomitmen untuk bersama-sama menanamkan, menegakkan, dan menjaga Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.



    Berkomitmen untuk bersama-sama menguatkan jati diri dan karakter bangsa, sikap dan perilaku patriotik, cinta tanah air, serta menjaga toleransi dan kerukunan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


    Gelorakan terus semangat Pancasila dari Sabang sampai Merauke, mulai dari Miangas hingga Pulau Rote.


    Terus berkarya dan beraktivitas tanpa batas dengan kemajuan teknologi dan informasi untuk meningkatkan persatuan dan kesatuan Indonesia yang akan membangun peradaban ke depan.



    “Semoga Indonesia menjadi bangsa besar yang disegani dunia tanpa kehilangan jati dirinya, Pancasila,” harapnya.


    Upacara dihadiri antara lain, Pimpinan dan Anggota DPRK Bireuen, unsur Forkopimda Kabupaten Bireuen, Sekretaris Daerah Kabupaten Bireuen, Kepala BNNK Bireuen, para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bireuen, Dan Pos Lanal Peudada.


    Kemudian, Ketua Makamah Syariah Bireuen, unsur Kemenag Bireuen, Pimpinan Instansi Vertikal, Unsur Cabdin Pendidikan Aceh wilayah Bireuen, para Kepala Sekolah dalam Kabupaten Bireuen, unsur Organisasi, LSM dan Ormas/OKP dan undangan lainnya.(*)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini

    Daerah

    +