• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (551) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Kuflet : Diskusikan Penggarapan Musikalisasi Puisi

    Minggu, 15 Oktober 2023, Oktober 15, 2023 WIB Last Updated 2023-10-15T12:58:03Z

     

    Kuflet : Diskusikan Penggarapan Musikalisasi Puisi

    Elitnesia.id|Padangpanjang,- Komunitas Seni Kuflet Padang Panjang melakukan diskusi bertajuk Musikalisasi Puisi Sabtu, 14/10/2023 di Sekre Komunitas Seni Kuflet, dengan pemateri Akram Hakim yang dimoderatori Sarah Samosir. Ucap Opi Yanda Riska Kabid Humas Kuflet. 


    Akram Hakim mengatakan,  Musikalisasi Puisi adalah penyatuan unsur puisi dengan musik. Maka harus melakukan analisis terhadap puisi lalu diaransemen. Puisi dinyanyikan dan juga dibaca yang digarap bebas dengan memperhatikan temanya. Puisi dijadikan lagu. Tutur Ketua bidang Pertunjukan di Kuflet.


    Akram menambahkan penyajjan Musikalisasi Puisi biasanya bboleh dengan menyanyi tunggal, duet, bahkan boleh dengan paduan suara. Nada musikalisasi puisi tidak dibenarkan melakukan pengulangan terhadap diksi puisi tersebut. Musikalisasi puisi durasinya  tiga menit sampai 10 menit. Setiap kata dari larik puisi berbeda beda nadanya seperti marah, sedih, sindiran, dan ketegasan. Papar sutradara muda ini.


    Helni Yuliana peserta diskusi mengatakan,  Ini sebuah hal baru karena sebelumnya puisi itu hanya dibacakan dengan penuh penghayatan, tapi di musikalisasi puisi atau diiringi oleh musik ditambah dengan  kreativitasnya, sehingga puisinya itu lebih hidup karena puisi diberikan unsur musikal sehingga bernilai estetik tinggi sebab adanya nada, interval, irama, motif dan harmoni. Ungkap perupa handal yang bergiat di Kuflet ini. (*/ Fazha)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini