• Jelajahi

    Aplikasi (1) Artis (3) Covid 19 (1) Daerah (550) Hukum (78) Internasional (185) Kampus (57) Lifestyle (16) Nasional (269) Politik (60)
    Copyright © elitnesia.id
    Best Viral Premium Blogger Templates

    IKLAN UTAMA

    Iklan

    Iklan

    Diskusi Kuflet Membahas Teknik Menulis Esai

    Sabtu, 27 April 2024, April 27, 2024 WIB Last Updated 2024-04-27T12:50:29Z

     


    Elitnesia.id|Padangpanjang,- Sutradara Teater di Kuflet S  Hasanah Nst. mengatakan  "Esai sebagai karya tulis adalah sebuah karya jurnalistik tentang cara pandang  yang cenderung subjektif berisi pendapat, argumen dan pikiran dari penulis"  Papar Mahasiswa akhir Penciptaan Teater Pascasarjana ISI Padangpanjang dalam diskusi rutin di sekretariat Komunitas Seni Kuflet (27/4/2024) dimoderatori Siti Nutatikah.


    Hasanah menambahkan "Esai mirip dengan karya tulis lainya, namun yang membedakannya esai itu tulisannya pendek, singkat dan padat  bahasanya serta menggunakan bahasa satrawi yang renyah dan menarik" Ungkap mantan Ketua Umum Komunitas Seni Kuflet itu. 


    Hasanah menjelaskan "Dewasa ini juga ada esai yang harus di tulis  untuk keperluan pengusulan beasiswa. Jadi, hal yang paling penting dibuat dalam esai tersebut  yakni pertama, identitas diri yang dijelaskan pada awal esai. Kedua kelebihan dan kekurangan serta bagaimana cara mengatasi kekurangan itu. Ketiga kesimpulan dan saran berisikan saran tentang diri dan apa yang  dilakukan. Kelebihan dan kekurangan dan cara mengatasinya demi meningkatkan kualitas diri ditulis dengan lugas" Paparnya.


    Pendiri yang sekaligus Penasihat  Kuflet Dr. Sulaiman Juned, M.Sn mengatakan,  "Esai selain sebagai pekerjaan yang sangat subjektif. Hal itu memerlukan daya pikir yang kritis dalam membuat esai. Sementara dalam penulisannya esai juga mengunakan bahasa yang enak untuk dibaca". Tuturnya.


    Sulaiman Juned menambahkan,  "Langkah awal menulis esai,  menemukan fenomena. Kemudian tentukan topik, lalu menyusun kerangka atau draf awal. Struktur penulisan  awal, tengah dan akhir. Selanjutnya dalam tubuh esai tulislah poin-poin penting.  Kemudian kembangkan tulisan dari kerangka yang telah dibuat, terakhir lakukan penyuntingan dan revisi" Tutur Sastrawan dan Sutradara teater itu. (*/Aidil)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Terkini